Teknik Komputer Teknik Komputer Author
Title: Ikan Gurami yang Mempunyai Nilai Ekonomis
Author: Teknik Komputer
Rating 5 of 5 Des:
Gurami merupakan jenis ikan air tawar yang dapat dibudidayakan dan dikenal luas di Indonesia serta komoditas perikanan air tawar unggulan s...
Gurami merupakan jenis ikan air tawar yang dapat dibudidayakan dan dikenal luas di Indonesia serta komoditas perikanan air tawar unggulan selain patin, lele, nila dan mas.

Karena banyak peminatnya, gurami mempunyai harga yang cukup tinggi dan peluang pasar ekspor terbuka lebar. Di Indonesia, masyarakat Jawa menyebutnya gurami atau gurameh; di Sumatera dikenal sebagai ikan kalau, kala atau kaloi; sementara di Kalimantan disebut dengan ikan kala atau kalai (Khairuman dkk, 2003). Menurut the Complete Aquarist’s Guide to Freshwater yang diedit John Gilbert disebut gurami asli dari Kepulauan Sunda Besar.

Ikan Gurami

Usaha budidaya gurami dapat dilakukan di kolam-kolam tradisional dan lahan-lahan sempit perkotaan. Jika usaha ini dilakukan dengan baik, maka kontinuitas produksi ikan gurami yang sering kali menjadi persoalan di restauran-restauran dan rumah makan-rumah makan atau konsumen ikan kiranya akan teratasi. Maka, usaha budidaya gurami berpeluang besar untuk meningkatkan pendapatan bagi pemeliharanya.

Klasifikasi ikan gurami adalah sebagai berikut:
Klas : Pisces
Sub Kelas : Teleostei
Ordo : Labyrinthici
Sub Ordo : Anabantoidae
Famili : Anabantidae
Genus : Osphronemus
Species : Osphronemus goramy (Lacepede)

Jenis gurami yang sudah dikenal masyarakat diantaranya: gurami angsa, gurami jepun, blausafir, paris, bastar dan porselen. Ciri-ciri umum ikan gurami yaitu tubuh agak panjang, pipih, mulut kecil, memiliki garis lateral tunggal, sisiknya stenoid dan sirip ekornya membulat (Khairuman dkk, 2003).

sumber: Ditjen perikanan Budidaya 

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Top